Keuntungan dan Kerugian Bayar DP Tinggi, Baca Sebelum Beli Mobil!



Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya mengenai berapa besar persentase DP yang sebaiknya dibayarkan. Masalah ini kerap menimbulkan kebimbangan. Beberapa orang mengatakan bayar DP tinggi justru lebih baik, ada pula yang mengatakan DP kecil lebih untung.

Sebelum membahas jauh-jauh, sudahkah Anda memahami fungsi dari DP mobil baru sendiri? Biaya yang Anda bayar di muka ini nantinya akan mempengaruhi besaran biaya yang dikeluarkan secara keseluruhan. Maka dari itu, penting sekali mengetahui keuntungan dan kerugian DP.


Keuntungan Membayar DP

Uang muka tidak sepenuhnya memberi keuntungan dalam konteks pembelian mobil. Namun dengan membayar DP, setidaknya Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat yang tentunya sangat membantu dalam jangka panjang, di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengurangi Biaya

Memperkecil utang pinjaman kredit mobil merupakan salah satu cara supaya biaya cicilan tidak membengkak. Anda bisa melakukannya dengan membayar uang muka sebesar mungkin. 

Walau dana terbatas, sebisa mungkin membayar uang muka dengan jumlah yang Anda punya. Langkah ini akan menghemat pengeluaran Anda secara keseluruhan.


  1. Memungkinkan untuk Mempersingkat Periode Waktu Cicilan

Dibandingkan dengan utang pinjaman yang besar, utang kecil biasanya tidak membutuhkan waktu lama untuk melunasinya. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil program kredit dengan periode waktu paling singkat.

Hanya saja mengambil periode waktu yang singkat bukanlah cara yang umum. Sebab Anda harus menanggung biaya cicilan yang lebih besar tiap bulannya.

Padahal, memilih periode ini akan menghemat biaya pengeluaran dan biaya bunga secara keseluruhan. Apabila Anda tidak ingin harga mobil menjadi mahal akibat bunga, sebaiknya mengikuti cara ini.


  1. Menanamkan Komitmen dalam Melunasi Cicilan

Bagi Anda sebagai pembeli, membayarkan uang muka akan menanamkan komitmen dalam diri sehingga muncul motivasi internal yang mendorong Anda untuk terus melakukan pembayaran tepat waktu.

Komitmen ini juga menguntungkan bagi pihak leasing. Mereka menyadari bahwa Anda benar-benar berniat melunasi pinjaman dalam waktu yang telah disepakati.


Kerugian Membayar Uang Muka

Seperti yang disebutkan di atas, uang muka tidak sepenuhnya memberi keuntungan. Tetapi juga ada kemungkinan kerugian yang akan Anda tanggung, di antaranya:

  1. Uang Tabungan Habis

Hal ini dapat terjadi jika jumlah uang di tabungan Anda sebesar dengan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk membayar uang muka. Alhasil, ketika dana ditarik untuk melakukan pembayaran, tabungan Anda langsung habis.


  1. Kemungkinan Tidak Mendapatkan Bunga Rendah

Meski sudah membayar uang muka, tidak ada jaminan bahwa bunga yang dikenakan pada Anda bisa lebih rendah. Terkadang ada kondisi di mana kredit macet. Alih-alih Anda menghemat pengeluaran, yang terjadi justru Anda membayar lebih dari nilai mobil aslinya dalam jangka panjang.

Namun hal ini tidak terjadi apabila Anda menggunakan SEVA. Platform beli mobil online ini mempunyai fitur Instant Approval sehingga memudahkan pembelian mobil sesuai kondisi finansial.


Perbandingan keuntungan dan kerugian ini turut menjawab kebimbangan Anda terkait seberapa banyak DP yang sebaiknya disetorkan. Tidak perlu dipaksakan apabila kondisi finansial tidak mendukung, lakukan negosiasi untuk mendapatkan penawaran terbaik.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempromosikan Blog Anda Melalui Forum

Kekurangan Layanan Blog Gratis Blogspot

Walikota Surabaya Siap Berjuang Dan Jihad Fi Sabilillah Guna Menghadapi Pandemic Covid-19