3 Minuman Buka Puasa yang Sehat


Ketika bulan puasa Ramadan, minuman dingin adalah menu berbuka puasa favorit semua orang. Setelah seharian berpuasa, minuman dingin dapat menyegarkan rasa dahaga kita. Acapkali orang-orang beramai-ramai minum es. Dingin, segar dan nikmat, itulah minuman es. Namun anda perlu hati-hati ketika meminum es. Tidak semua minuman yang ditambah es baik untuk tubuh. Agar puasa anda sehat, ada baiknya untuk meminum tiga jenis minuman ini. Dengan tiga minuman sehat ini, ibadah anda akan lancar. Tubuh pun tetap sehat setelah berpuasa. Adapun tiga minuman berbuka puasa yang sehat ini adalah sebagai berikut.

1. Air putih

Air putih adalah minuman buka puasa yang wajib anda konsumsi setiap hari. Air putih dapat membantu melancarkan pencernaan dan memenuhi kebutuhan dehidrasi anda secara optimal. Meskipun rasa air putih hambar, tetapi manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan. Adapun manfaat dari air putih terhadap tubuh adalah menjaga keseimbangan asupan cairan tubuh, menjaga fungsi usus, memberikan energi, menjaga kesehatan ginjal, menyehatkan kulit dan mengendalikan kalori di dalam tubuh.

Anda bisa meminum air putih dalam keadaan dingin atau hangat. Tepatnya anda bisa meminum air putih tanpa es atau dengan es. Tentunya anda perlu memerhatikan apakah harus menambahkan es atau tidak.

Pada umumnya, kita disarankan untuk minum air putih 8 gelas per hari termasuk ketika anda berpuasa. Meskipun begitu, minumlah air putih sesuai kebutuhan kalori dan aktivitas anda sehari-hari.

2. Jus buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber makanan yang menyehatkan tubuh. Buah-buahan tidak hanya bisa dimakan langsung, begitu pun sayuran. Keduanya bisa anda konsumsi menjadi jus. Manfaatnya pun tetap akan besar bagi tubuh. Kini ada banyak tempat yang menjual jus buah dan sayuran. Tidak hanya satu jenis buah dan sayuran yang bisa anda jadikan jus. Dalam satu wadah, anda bisa menggabungkan dua atau lebih buah dan sayuran untuk membuat jus.

Jus buah dan sayuran sangat mudah dibuat. Anda tidak perlu membelinya. Buatlah sendiri di rumah karena mudah dan praktis. Kandungan serat pada buah dan sayuran dapat membantu pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Madu dan Lemon

Minuman yang segar tidak selalu minuman dingin. Minuman hangat pun bisa menyegarkan tubuh. Nah, minuman hangat sekaligus sehat bisa anda dapatkan dari madu dan lemon. Minuman ini sangat baik bahkan dikonsumsi ketika bulan puasa. Air hangat yang ditambahkan dengan madu dan lemon bermanfaat untuk mengeluarkan sisa racun dari dalam tubuh. Selain itu, minuman buka puasa yang sehat ini dapat melembapkan dan membersihkan sistem pencernaan anda.

Manfaat dari lemon dan madu tidak hanya mengeluarkan sisa-sisa racun dari dalam tubuh, tetapi juga memelihara hati, menjaga kesehatan kulit, menjaga berat badan ideal di bulan puasa, menjaga lambung dan menjaga kesehatan pencernaan lainnya. Namun perlu diingat bagi anda memiliki masalah pencernaan dan lambung, hindari mengonsumsi minuman ini ketika perut kosong.

Puasa itu merupakan aktivitas yang menyehatkan. Selain menjaga diri dari perbuatan buruk, puasa mampu menyehatkan pencernaan dan lainnya. Tidak sedikit penelitian yang membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Dan demikian itu adalah tiga jenis minuman buka puasa yang sehat di kala berbuka. Selain mudah dibuat, minuman tersebut juga mudah didapatkan. Biasakan hidup sehat untuk kebaikan anda. Sekian, semoga puasa anda lancar sampai penghujung Ramadan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempromosikan Blog Anda Melalui Forum

SehatQ.Com Konsultasi Dokter Secara Mudah dan Efisien

Pemanas air gas VS elektrik