Kebiasaan buruk yang sering dilakukan di bulan suci Ramdhan


Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan bagi umat Islam di seluruh dunia. Didalam bulan tersebut terdapat berbagai macam manfaat, diantara manfaat yang paling menonjol yaitu kita belajar untuk mengontrol diri dari hawa nafsu. Tentu saja seperti makan, minum, amarah, dan hawa nafsudan beberapa hal lain yang  membatalkan puasa kita, dan membuat amal ibadah terbuang sia-sia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan disaat bulan Ramadhan datang. Kali ini kami akan merangkumnya dan memberikan informasi kepada kalian, penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1.Tidur setelah makan sahur

Kebiasaan ini hampir dialami oleh anak muda di Indonesia, hal ini biasanya diakiabatkan begadang. Padahal sudah jelas dan sudah sering sekali diingatkan bahwa tidur setelah sahur adalah kebiasaan yang tidak baik. Kebiasaan ini memang terlihat sepele namun sebenarnya anjuran medis mengatakan bahwa kita tidak boleh tidur setelah sahur. Selain tidak baik untuk kesehatan kita juga kehilangan kesempatan untuk lebih banyak beribadah di bulan suci Ramadhan. Maka dari itu kalian harus belajar untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini ya. Oh ya, efek samping dari tidur setelah sahur adalah mual dan kerongkongan kering setelah bangun. Hal itu dikarealam gangguan sirkulasi yang terjadi di dalam lambung.

2.Tidur seharian penuh

Kebiasaan buruk yang kedua masih menjadi kebiasaan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya anak muda. Masih dalam pemicu yang sama yaitu begadang, sebaiknya jika kita memasuki bulan Ramadhan maka pola tidur juga harus diperbaiki. Hal ini dapat membuat puasa kita sia-sia karena kita bisa melewatkan ibadah Sholat, mengajdi dan masih banyak lagi. Padahal puasa bukan berarti menghentikan semua kegiatan dengan tidur, memang tidur adalah ibadah tetapi dengan waktu yang normal.

3.Makan berlebihan

Kebiasaan buruk selanjutnya yaitu makan secara berlebihan. Kebanyakan orang menganggap bahwa makan sahur yang banyak dapat membuat kita lebih kuat menjalani puasa, padahal hal itu kurang tepat. Sudah makan sahur berlebihan ditambah dengan berbuka puasa yang juga berlebihan, semua dimaka tanpa tidak tercicipi satupun. Hal itu merupakan kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan sebab, ketika kita kekenyangan kita akan kesulitan saat menjalani ibadah Sholat tarawih. Lebih baik makan secukupnya dan ketika sudah selesai menjalani Sholat Tarawih maka lanjut lagi untuk menyantap makanan.

4.Gosip

Kebiasaan buruk yang satu ini biasanya dilakukan oleh kaum wanita yang pada umumnya adalah ibu-ibu. Menggosip adalah kebiasaan yang sangat buruk bahkan ketika kita tidak menjalani puasa pun hal ini adalah kebiasaan yang buruk. Saat kita berpuasa dan menggosip maka amal ibadah kita akan hilang dan mengalir kepada orang yang kita gosipkan tersebut. Namun terkadang hal ini tidak dihiraukan oleh ibu-ibu, mereka malah kerap kali melanjtukan kebiasaan ini meski telah diingatkan. Yah, semoga saja hal ini semakin berkurang agar ibadah puasa yang kita jalani mendapat keberkahan yang lebih/

Nah mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan seputar kebiasaan buruk yang sering dilakukan ketika bulan suci Ramadhan. Oh ya, kalian harus meninggalkan kebiasaan buruk di atas ya agar kalian terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Memang merubah itu butuh proses tetapi setidaknya kita memiliki usaha. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempromosikan Blog Anda Melalui Forum

Pemanas air gas VS elektrik

SehatQ.Com Konsultasi Dokter Secara Mudah dan Efisien