Dalil Asmaul Husna As-Salam, Maha Pemberi Keselamatan

 Asmaul husna adalah nama-nama Alloh tuhan dalam islam, yang indah dan baik. Asma artinya nama penyebutan, dan husna artinya baik atau indah. Jadi asmaul husna adalah nama-nama milik Alloh yang baik lagiindah. Kita lihat pada waktu jaman dahulu kala, para ulama telah banyak membahas serta menafsirkan nama-nama Alloh ini, yang mana nama-nama Alloh tersebut merupakan alamat kepada zat yang harus dan mutlak kita ibadahi dengan sebenarnya.

Adapun ada timbul perbedaan pendapat tentang arti, makna ini dan penafsirannya, akan tetapi yang jelas asmaul husna dan artinya kita harus tahu. Kita tidak boleh musyrik dalam mempergunakan atau menyebut nama-nama Alloh. Disamping perbedaan dalam mengartikan dan menafsirkan suatu nama terdapat juga perbedaan dalam jumlah nama.

Terdapat  perbedaan dalam menjelaskan asmaul husna dan artinya adalah:

  • Ada  yang berjumlah 99 asmaul husna
  • Ada yang berjumlah 100 asmaul husna
  • Ada yang berjumlah 200 asmaul husna
  • Ada yang berjumlah 1000 asmaul husna
  • Ada yang berjumlah 4000 asmaul husna

Itulah sejumlah pendapat tentang jumlah asmaul husna menurut mereka, akan tetapi yang terpenting adalah hakikat zat Alloh yang harus dimengerti oleh orang-orang yang beriman seperti nabi Muhammad SAW. Mari Kita mengenal   dan belajar asamul husna dan artinya, nama-nama asmaul husna mempunyai khasiat yang dapat dirasakan, umat islam dianjurkan berdoa menggunakan nama-nama Alloh swt karena setiap asmaul  husna itu mempunyai arti dan sifat-sifat Alloh, dengan secara tidak langsung membaca, menghafal, serta mengetahui artinya dapat meningkatkan keimanan.

Salah satu Asmaul Husna yang dimiliki Allah SWT adalah As-Salam yang artinya Maha Pemberi Kesejahteraan. As-Salam juga dapat diartikan sebagai Maha Pemberi Keselamatan bagi makhluk-Nya. Nama indah milik Allah ini pun disebut dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist, berikut adalah dalil-dalil yang menyebut Asmaul Husna As-Salam.

Dalil Asmaul Husna As-Salam

Dikutip dari detik.com, Allah SWT berfirman dalam QS Al Hasyr ayat 23 :

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ

Artinya:

"Dialah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Maharaja Yang Maha Suci, Yang Maha Pemberi Keselamatan." (QS. Al Hasyr: 23)

Begitu pula dengan hadist berikut yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud RA, dikatakan olehnya bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda terkait makna As-Salam.

 كُنَّا إِذَا كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ فِي الصَّلَاةِ قُلْنَا السَّلَامُ عَلَى اللَّهِ مِنْ عِبَادِهِ السَّلَامُ عَلَى فُلَانٍ وَفُلَانٍ فَقَالَ النَّبِيُّ لَا تَقُولُوا السَّلَامُ عَلَى اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ هُوَ السَّلَامُ وَلَكِنْ قُولُوا التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

Artinya :

Dahulu, jika kami shalat bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, kami mengucapkan: "As-Salâm (keselamatan) bagi Allah dari hamba-hamba-Nya, dan as-salâm atas Fulan dan si Fulan," maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Janganlah kalian mengucapkan as-Salâm atas Allah, karena sesungguhnya Allah itu as-Salâm, akan tetapi ucapkanlah: 'At-Tahiyât (ucapan selamat), ash-Shalawat (ibadah) dan ath-Thayyibât (pujian) bagi Allah. Salam (keselamatan) serta rahmat Allah, dan keberkahan-Nya atas anda, wahai Nabi. Dan salam atas kita dan hamba-hamba Allah yang shâlih'." (HR. Bukhari).

Itulah salah satu asmaul husna yang bisa kita amalkan agar kita selalu berada dalam keselamatan dan kesejahteraan, berikut dalil-dalil yang menjelaskannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempromosikan Blog Anda Melalui Forum

Kekurangan Layanan Blog Gratis Blogspot

Walikota Surabaya Siap Berjuang Dan Jihad Fi Sabilillah Guna Menghadapi Pandemic Covid-19