Manfaat Yang Bisa Kita Peroleh Dari Kagiatan Sedekah Subuh

 Seperti yang sudah banyak diketahui oleh umat muslim bahwa waktu subuh atau dini hari merupakan waktu yang dipenuhi dengan keberkahan. Bahkan pada waktu – waktu ini juga umat muslim diperintahkan tida hanya ibadah sholat wajib tetapi juga ibadah sunnah seperti Tahajud, sholat qobliyah subuh, berdzikir, dan bersedekah sebanyak mungkin.

Ternyata dari banyaknya jenis amalan sunnah yang bisa dikerjakan di waktu subuh. Terdapat amalan subuh yang paling mudah dilakukan tetapi memiliki amalan yan tidak kalah baik dengan amalan lainnya. Amalan tersebut ialah sedekah subuh yang merupakan sedekah yang paling baik waktu pengerjaannya. Mengapa demikian? Itu karena pada waktu tersebut malaikat sedang turun mendoakan setiap orang yang bersdekah.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang mengatakan bahwa “Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoakan, ‘Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya.’ Dan yang satu lagi berkata, ‘Wahai, Tuhan! Musnahkanlah harta si bakhil,"

Kira – kira apa saja ya manfaat yang bisa kita dapatkan dari melaksanakan sedekah subuh secara rutin ? Daripada penasaran langsung saja kita bahan mengenai manfaat sedekah subuh yang bisa didapatkan oleh orang yang giat melakukan sedekah subuh.

  1. Menghapuskan Dosa – Dosa Kita

Jika kita melaksanan sedekah subuh dengan niat dan hati yang ikhlas maka bukan hanya keinginan kita yang bisa terwujud tapi Allah juga akan menghapuskan dosa – dosa kita. Karena seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW bahwa sedekah itu menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.

  1. Terkabulnya Doa Kita

Apabila anda sedang memiliki suatu keinginan dan anda ingin keinginan tersebut terkabul maka jalan yang bisa anda coba yaitu dengan sedekah subuh. Sedekah subuh adalah amalan yang dekat dengan pintu langit karena pada saat itu malaikat sedang turun ke bumi. Maka pergunakanlah waktu tersebut untuk bersedekah dan mengamalkan amalan tambahan lainnya.

  1. Mendapatkan Doa Dari Malaikat di Waktu Subuh

Seperti yang sudah dijelaskan oleh beberapa hadits bahwa merugilah orang yang menyia – nyiakan kesempatan di waktu subuh. Karena barangsiapa yang bersedekah di waktu subuh kemudian ia berdoa setelahnya maka Malaikat akan mengaminkan doa tersebut. Selain itu malaikat juga akan berdoa kepada Allah agar orang tersebut mendapatkan ganti yang lebih baik.

  1. Dilipatgandakan Harta serta Pahalanya

Jika anda sedang merasa kesulitan dalam urusan keuangan dan anda memiliki keinginan utnuk memperbaiki masalah tersebut. Maka jalan alternatif yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan sedekah subuh seperti yang dijelaskan dalam surat Al Baqarah

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

  1. Menolak Bala

Salah satu manfaat lainnya dari melakukan sedekah adalah terhindar dari hal – hal buruk yang mungkin menimpa kita. Karena seperti sabda Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa :

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk,”

Bagaimana? dengan semua manfaat diatas, apakah anda masih mau melewatkan sedekah subuh sebuah amalan yang tidak sulit dilakukan tetapi memiliki manfaat yang luar biasa besar bagi kehidupan kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara – Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mendaftar Sebagai Driver Shopee Food

Mempromosikan Blog Anda Melalui Forum

Keuntungan dan Kerugian Bayar DP Tinggi, Baca Sebelum Beli Mobil!